rss

~ Menteri ESDM: PLN Tak Rugi Jokowi Minta PLTMH Diperbanyak

Ditulis pada Jumat, 08 November 2019 | Kategori: 104 - Energi Sungai / PLTMH | Dilihat 488 kali

.

Jakarta - Menteri ESDM Sudirman Said menggelar rapat pimpinan (rapim) di Kementerian ESDM. Dalam rapat yang dihadiri pejabat eselon I dan II ini, Sudirman menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang pembangunan pembangkit listrik mikro hidro (PLTMH).


Menurut Sudirman, Presiden Jokowi meminta pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) diperbanyak. Alasannya, PLTMH adalah pembangkit yang teknologinya sudah dikuasai oleh perusahaan-perusahaan lokal.


Selain itu, pembangunannya bakal menyerap banyak tenaga kerja.


"Presiden minta perbanyak PLTMH. Memang pengerjaannya lama, tapi menyerap banyak tenaga kerja. Teknologinya relatif sudah dikuasai pemain-pemain nasional," kata Sudirman dalam konferensi pers di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (27/6/2016).


Diakui Sudirman, tarif listrik dari mikro hidro relatif mahal bila dibanding dari batu bara atau gas. Pemerintah memang sengaja menetapkan Feed in Tarrif yang tinggi untuk energi baru terbarukan (EBT), termasuk mikro hidro, untuk menarik minat investor mengembangkannya.


"Mengenai PLTMH, prinsipnya semua EBT pada saat tertentu harus lebih mahal (agar investor tertarik mengembangkannya). Sebagai satu sikap, kita dorong sebanyak-banyaknya," ucap dia.


Meski demikian, Sudirman menjamin PLN tidak akan rugi besar hanya karena membeli listrik dengan harga mahal dari pengembang PLTMH. Sebab, negara akan memberikan subsidi kepada PLN melalui Dana Ketahanan Energi (DKE).


Regulasi pemerintah juga telah menjamin PLN tak akan rugi, pemerintah yang akan menanggung kalau ada selisih antara harga beli listrik dari Independent Power Producer (IPP) dengan harga jual listrik kepada pelanggan PLN. Lagipula total daya listrik dari PLTMH tak besar, tak sampai 100 MW.


"Kalau ada selisih harga pasti ditanggung pemerintah, itu sudah dicantumkan dalam Permen ESDM Nomor 06 Tahun 2016, kan ada DKE dan sebagainya. Lagipula nggak banyak kok PLTMH. Kalau skalanya besar juga bisa murah," Sudirman menegaskan.


Arahan dari Jokowi ini telah ditegaskan kembali dalam surat Menteri ESDM kepada PLN baru-baru ini. Unit Pelaksana Program Pembangunan Ketenagalistrikan Nasional (UP3KN) yang berada di bawah pimpinan Nur Pamudji telah berkoordinasi dengan PLN agar arahan ini dijalankan.

.

.
Judul: Jokowi Minta PLTMH Diperbanyak, Menteri ESDM: PLN Tak Rugi
Penulis: Michael Agustinus
Sumber: detikFinance