rss

~ Bangun Pembangkit Listrik Minihidro di Tana Toraja

Ditulis pada Selasa, 12 November 2019 | Kategori: 104 - Energi Sungai / PLTMH | Dilihat 549 kali

.

Merdeka.com - PT Kencana Energi Lestari (Tbk) berencana membangun pembangkit tenaga air mereka yakni Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. 


Sejauh ini, perseroan sudah punya satu PLTA berkapasitas 18 megawatt (mw) dan akan meresmikan PLTA kedua mereka di Bengkulu.


"PLTA kedua itu 21 megawatt yang akan segera akan segera operasional commisioning dalam waktu dekat ini di Bengkulu. Yang ketiga itu (PLTM) ada di Sulawesi, di Tanah Toraja, sebesar 10 mw. Mudah-mudahan tahun 2021 akan beroperasi juga yang satu ini," ujar Direktur Utama PT Kencana Energi Lestari Tbk Henry Maknawi di Jakarta, Senin (2/9).


Kencana Energi bergerak di sektor green energy, yakni pembangkit tenaga air dengan total kapasitas produksi 49 mw. Itu terdiri atas PLTA Pakkat di Sumatera Utara yang beroperasi sejak awal 2018 dengan kapasitas 18 mw dan PLTA Air Putih di Bengkulu yang sedang dalam proses comissioning memiliki kapasitas 21 mw.


Target net profit perseroan tahun ini adalah USD 10 juta. Pendapatan perseroan tercatat mengalami peningkatan pada tiga bulan pertama 2019 yakni sebesar USD 5,68 juta atau naik 3,37 persen dari periode sama di tahun lalu yakni USD 5,5 juta.


Direktur Keuangan PT Kencana Energi Lestari Tbk Giat Widjaja menjelaskan, perusahaan juga 
memiliki kontrak penyediaan listrik jangka panjang (Power Purchase Agreement) dengan PLN. Dengan demikian, dia meyakini target tahun ini tercapai mengingat sejauh ini tak ada masalah dari segi arus kas atau segi operasional lain.


"Selama ini tidak ada hambatan apa-apa semua tercapai dengan baik. Baik dari segi CF, control operasional cost, semua tercapai sesuai dengan rencana," jelas Giat.

.

.
Judul: Kencana Energi akan Bangun Pembangkit Listrik Minihidro di Tana Toraja
Penulis: Tommy Kurnia 
Sumber: merdeka.com